Langsung ke konten utama

 Blog Sebagai Media Dokumentasi

Tema:  Blog Sebagai Media Dokumentasi

Resume ke: 28

Gelombang: 29

Tanggal:  28 Agustus 2023

Narasumber : Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr

Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd


Membeli Terasi di toko pak yogi

Agar- agar di toko mbak susi

ayo pegiat Literasi melek teknologi

Agar tidak ketinggalan digitalisasi

    Bu Purbaniasita (Sita) selaku moderator membuka pertemuan kali ini dengan berpantun ria. Beliau membagikan link yang berisi tentang CV narasumber, bapak Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr. Begitu banyak pelatihan dan pengalaman yang telah beliau ikuti, prestasi serta karyanya pun tak kalah banyak.

    Hasil karya Mr. Bams yang luar biasa hasil pemanfaatan Blog berjudul  Hasil Refleksi Diri yang saat ini digunakan untuk siswa di SMP tempat Mr. Bams mengabdi. 

https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-7a-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/

https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-8a-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/

    Materi malam ini sedikit berbeda dengan materi-materi sebelumnya. Hal yang manarik justru bapak-ibu yang berada di kelas ini tentunya menjadikan blog sebagai media untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan. Entah awalnya hanya karena bergabung di kelas ini. 

    Blog yang kita gunakan sesungguhnya bisa membantu dalam proses pembelajaran. Profesi guru yang kita emban ini adalah profesi utama yang sangat mulia. Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas.

Berikut tampilan tampak depan website "penamrbams.id"


    Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi website sekarang penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com. Tanggal 27 April 2020 dalam suasana Covid-19 maka lahirlah www.penamrbams.id. Ternyata melahirkan sebuah website saat itu harus bayar sekitar 800ribu, yang kini sudah 1juta per tahun biaya operasionalnya.

    Hobi menulis memang sangat pas, bila memiliki blog atau website. Kita sangatlah leluasa mau menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. Bahkan penamrbams.id pernah membantu pelaksanaan Kelas Menulis sehingga banyak dikunjungi.

https://penamrbams.id/informatika-kelas-7a-semester-ganjil-smp-taruna-bakti-2023-2024/

Refleksi Diri Siswa

Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

    Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. 

Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

    Isian ini saya olah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10. Oh iya, tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri saya buat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas.

Mengolah di excel tidaklah mudah. Bayangkan bapak-ibu guru, saya harus melakukan ini per minggu karena poin akan terus diakumulasi

Contoh: Kelas 7A punya siswa 5 orang. Anggap saja A, B, C, D dan E.

    Minggu Pertama

A Mengisi P=15 N=100

B Tidak Mengisi P=0 N=0

C Mengisi P=15 N=100

D Mengisi P=15 N=100

E Mengisi P=15 N=100

    Minggu Kedua

A Mengisi P=30 N=100

B Mengisi P=15 N=50

C Mengisi P=30 N=100

D Mengisi P=30 N=100

E Mengisi P=30 N=100


B Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?

( 15 / (15 x 2) ) * 100

( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

Nah apa saja keuntungannya ?

 Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

    Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplan

Contoh : Refleksi diri kelas 7A pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr bams ngomong apa karena tidak kedengeran.

Tulisan diatas ditulis oleh Absen 21 Kelas 7A

Contoh : Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini aku belajar bersama Mr.Bams. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan Mr.Bams sangat mudah dimengerti. Mr.Bams sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya (Mr.Bams) yang supportive banget. Makasih buat Mr.Bams udah ngajar 7A.

Nah dari dua tulisan ini saya tadi pagi ada jadwal bersama kelas 7A membahas tulisan ini terlebih dulu. Refleksi diri bagaikan umpan balik kepada guru yang bisa direspon di minggu berikutnya.

    Di SMP Taruna Bakti hanya saya yang menggunakan Refleksi Diri dan diolah kemudian ditampilkan di website penamrbams.id. Selayaknya guru bisa memberikan inspirasi kepada muridnya agar murid bisa tumbuh lebih dari para gurunya saat disekolah.

   Hal menarik yang beliau lakukan adalah membaca refleksi diri saat mau tidur. Senangnya bisa membaca tulisan anak-anak yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu dan menitikan air mata. Serasa tak percaya kok bisa ya seperti ini.

    Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    Nah yang menariknya dari tulisan yang dibuat anak-anak maka munculah empati. Lihat dan baca kalimat diakhirnya ada yang memberikan doa (tanpa diminta). Ini keren lho, kita bisa melahirkan murid yang punya hati mulia, untuk selalu mendoakan orang lain.

    hari ini saya sangat senang bisa belajar kembali bersama mr bams di lab tik kita belajar tentang kepercayaan diri,saling menghargai dan menyenangkan orang lain dan hari ini pembelajaran materi nya masih belum terlalu serius kita tdi hanya belajar elemen dasar dan menghafal kan lalu kita juga memrefleksi saat di akhir hari ini juga saya sangat merasa termotivasi dan semakin semangat untuk belajar tik saya juga kagum pada mr bams karena di berhasil membantu saya lebih percaya diri dan mr bams juga berhasil memperbarui web penamrbams dan semakin bagus saat diawal awal pembelajara saya sangat senang karena bisa dapet poin yang banyak saya juga membantu menjawab pertanyaan mr bams. Tulisan ini yang ditulis oleh kelas 9 diawal pertemuan pembelajaran.

    Manusia diciptakan oleh Allah dengan luar biasa. Manusia diberikan kemampuan berpikir dan bertindak sesauai dengan pengalaman dan hasil belajar. Hidup ini harus memberikan yang terbaik. Banyak para motivator menyampaikan Kita bisa menjadi orang sukses, akan tetapi Mr. Bams sampaikan hari ini kita harus sukses, kenapa harus nanti, artinya apa? setiap kesempatan yang datang kepada kita harus diupayakan dengak aksi yang terbaik. 

Sama halnya hari ini Mr. Bams diberikan kesempatan berbagi dengan bapak ibu guru hebat, maka harus dilakukan dengan yang terbaik. 


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja Resume ke : 2 Gelombang: 29 Tanggal: 21 Juni 2023 Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H     Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua  melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note.       Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.     Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah
Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari