Langsung ke konten utama

 MATSANEPAT 


    MTsN 4 Trenggalek merupakan satu-satunya madrasah negeri di kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Madrasah yang sangat mewah karena lokasinya dikelilingi oleh sawah (Mewah= Mepet Sawah). Meski berada di desa dan lokasi kurang strategis karena tidak berada di jalur utama, namun madrasah ini sangat familiar di Kabupaten Trenggalek dan banyak diminati khususnya oleh seluruh penduduk Watulimo.

    Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Trenggalek yang disingkat dengan nama "MATSANEPAT" memiliki banyak keunikan maupun program unggulan. Salah satu keunikannya seluruh anggota madrasah baik siswa-siswi maupun bapak/ ibu karyawan-karyawati hafal visi madrasah di luar kepala dan bisa mengucapkan dengan kompaknya, ketika ada aba-aba visi Matsanepat, semua serempak menjawab "Terwujudnya madrasah yang unggul dalam prestasi, santun dalam perilaku, peduli lingkungan dan berwawasan luas". Selain itu madrasah kami juga memiliki yel-yel tersendiri:

Matsanepat ! excellent, religious, green

Matsanepat ! milik kita

Dan ketika mengucapkan yel-yel tersebut disertai dengan gerakan tangan yang tak kalah kompaknya. Yel-yel maupun visi matsanepat ini selalu digaungkan di setiap acara.

   Madrasah kami merupakan madrasah adiwiyata dan juga madrasah riset. Karena menyandang gelar Adiwiyata ini madrasah kami memiliki banyak program untuk mendukungnya, salah satunya adalah  Baris Seser singkatan dari bawa piring, sendok dan gelas sendiri-sendiri. Jadi ketika istirahat tiba, seluruh siswa wajib membawa piring dan gelas tersebut jika ingin membeli makan dan minum di kantin sekolah. Jika tidak membawa maka tidak akan dilayani oleh petugas kantin. Dan masih banyak lagi inovasi lainnya sebagai pendukung sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, dan insyaallah akan lanjut di tingkat provinsi.

    Madrasah kami juga sudah memiliki majalah yang diberi nama "SKETSA" dengan PemRed bapak Nanang Musafa' M.Pd.I, bapak literasi di madrasah kami yang juga mengikuti KBMN di gelombang ke-28. Alhamdulillah majalah kami sudah ber-ISSN. Saya juga bersyukur sekali karena diizinkan bergabung dan bisa menjadi salah satu staf redaksi, meski usia saya masih sangat muda di dalam majalah tersebut. Ada banyak rubrik di dalamnya, antara lain rubrik Opini, Did you know, AMD, taman sari, kreasi siswa, dan masih banyak lainnya.

https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/2023/06/sketsa-volume-012.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja Resume ke : 2 Gelombang: 29 Tanggal: 21 Juni 2023 Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H     Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua  melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note.       Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.     Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah
Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari