Langsung ke konten utama


 Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id


Tema: Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

Resume ke: 6

Gelombang: 29

Tanggal: 30 Juni 2023

Narasumber: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Moderator: Arofiah Afifi, S.Pd

Cinta perih dititik nadir

Pacar menjauh, sedihlah perasaan

Narasumber akan segera  hadir

Kita sambut Pak Brian Prasetyawan

    Begitulah pantun pembuka dari moderator, bunda Arofiah afifi dalam menyambut sang narasumber pada pertemuan ke-6 KBMN-29 malam ini, Bapak Raimundus Brian Prasetyawan.

    Tema pertemuan malam ini merupakan materi perdana yang baru dibawakan pada gelombang 29 ini, yaitu Teknik Menulis di Situs Portal Berita Melintas.id yang disampaikan langsung oleh bapak pimpinan redaksi. Karena memang situs melintas.id baru berdiri pada 11 Mei 2023. 

    Sebuah karya, tulisan hanya akan terdiam di sudut sepi jika tidak di publikasikan atau di sebarluaskan pada khalayak. 

Napoleon Bonaparte, seorang panglima yang tersohor keberaniannya, kehebatannya, kesuksesannya dalam dunia perang dan politik, kurang lebih berkata: 

 "Aku lebih takut kepada tiga penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit yang bersenjata bayonet lengkap".

Kalimat di atas menggambarkan bahwa, peranan tulisan lebih berpengaruh dan berbahaya daripada senjata. Kenapa demikian? Karena kekuatan peluru timah panas yang mengenai badan, hanya berefek satu peluru satu nyawa.

Sementara peluru-peluru yang ditembakkan penulis adalah huruf-huruf yang membentuk kalimat yang akan memberikan pengaruh signifikan.

Tulisan akan mengenai sasaran yaitu pikiran, dari pikiran akan menembus hati. Dengan menembus hati dan menembus pemikiran, maka akan merubah paradigma berpikir dan wawasan. Selanjutnya akan mempengaruhi gerak, dan lambat laun penulis bisa menggerakkan banyak orang hingga di berbagai penjuru dunia.

Agar tulisan kita memiliki power yang dahsyat maka dibutuhkan sebuah media yang mendukung eksistensi tulisan kita seperti portal berita Melintas.id.

    Melintas merupakan akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja. Awalnya ide untuk membuat media online ini berasal dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian beberapa alumni yang juga anggota tim solid Omjay beserta Omjay diajak untuk mendirikan media online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang.

     Tim redaksi melintas.id : https://www.melintas.id/redaksi

    Melintas.id didirikan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Bisa menulis di melintas.id bisa menambah pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya.

    KBMN PGRI memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Setiap gelombang dibuka terdapat 500-1000 peserta. Jika setidaknya ada 10% peserta yang aktif konsisten menulis maka menghasilkan 50-100 penulis. Dengan demikian melintas.id ini dapat menjadi media online yang aktif dan produktif menghasilkan konten-konten tulisan orisinil, bermutu, dan dicari banyak orang.

    Sebagian besar peserta KBMN PGRI adalah guru, kepala sekolah, pengawas, dan semua yang bekerja di bidang Pendidikan. Hal tersebut menjadi potensi yang dapat dimaksimalkan untuk bersama-sama mengembangkan melintas.id menjadi media online milik kita bersama yang terdepan dan terpercaya dalam edukasi dan literasi.

    Selain itu, Media Online KBMN PGRI juga akan menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang tergabung dalam KBMN PGRI.

    Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Promedia sudah memegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia, bahkan media online sebesar Suara Merdeka dan Jawa pos juga dipegang promedia. Jadi melintas.id ini berada di tengah ekosistem media yang mumpuni.

    Untuk menjadi media yang maju, promedia sudah memiliki formula bagaimana membuat tulisan yang mendukung berkembangnya media tersebut. Namun ada konsekuensi yaitu ketentuan penulisannya bisa jadi berlawanan dengan norma-norma penulisan yang selama ini sudah kita pelajari. Misal yang paling ekstrem adalah tulisan sastra seperti puisi, cerpen, pentigraf, dan sejenisnya.

    Jika di melintas.id, harus ada paragraf pembuka dengan isi kalimat berita sebelum tulisan puisi/cerpennya, karena melintas.id adalah situs portal berita, jadi tulisan sastra pun dikemas seperti postingan berita. 

    Melintas.id menyediakan 10 menu rubrik yaitu pendidikan (berita pendidikan umum), sastra (cerpen, puisi, pentigraf, dll), parenting, news, religi, sekolah (berita kegiatan/prestasi sekolah), literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI), ragam (kuliner, travelling, kesehatan, budaya), olahraga, dan opini.

Ada kategori penulis untuk menulis di Melintas.id:

1. Penulis Lepas

Penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, dan hanya mengirim tulisan lewat email

2. Penulis Tetap

Penulis yang yakin ingin bergabung dengan melintas.id. Artinya siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan. Kedepannya akan berpeluang mendapat honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Ada jenis jenjang penulis tetap di melintas:

a. Calon Content Creator (CC)

Bagi yang baru bergabung, akan masuk di grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama anda tertulis sebagai contributor.

Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup. 

b. Content creator (contributor)

Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu author dan CC melintas. Anda resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama anda selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, agar bisa punya profil nama sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.

c. Author

Jika sudah mencapai jenjang author, anda sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Anda memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Nama anda tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun tentu ada tanggung jawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, akan diturunkan kembali jadi kontributor.

    Cara mengirim tulisan ke melintas.id sebagai penulis lepas:

 https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid

Cara menulis di melintas.id sebagai penulis tetap:

    Berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:

1. Download format file word

2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru menulis isi tulisan

3. Kirim ke link form

    Tulisan di melintas.id harus ada gambar. gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dll, dengan panjang tulisan minimal 350 kata dan maksimal 800 kata.

    Pada sesi tanya jawab juga dijelaskan bahwa menulis tentang kegiatan di sekolah bisa dimuat di melintas.id, tapi harus ada unsur berita yaitu penting untuk banyak orang. Kalau beritanya terlalu spesifik untuk lingkup warga sekolah saja, maka bisa ditambahkan hal yang bisa dipetik dari kegiatan itu sehingga bisa relate dan penting bagi banyak orang. 

    Tulisan yang sudah dimuat di web atau media lain, tidak boleh dimuat lagi di melintas. Termasuk tulisan yang sudah ada di blog pribadi, tidak boleh dimuat lagi di melintas, kecuali tulisan di blog pribadinya di hapus atau kembalikan ke draf.


Komentar

Abiii mengatakan…
Luar biasa, keren bu.
Anis shofy mengatakan…
Terimakasih Bu...
Mohon bimbingannya
Apakah sudah pernah menulis artikel di portal berita?
Anis shofy mengatakan…
Blm pak

Postingan populer dari blog ini

Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja Resume ke : 2 Gelombang: 29 Tanggal: 21 Juni 2023 Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H     Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua  melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note.       Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.     Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah
Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari