Langsung ke konten utama



Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja

Resume ke : 2
Gelombang: 29
Tanggal: 21 Juni 2023
Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd

Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H

    Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note. 

    Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.

    Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah tidak muda lagi tetapi masih ingin tetap eksis di dunia literasi.

    Beliau ada di berbagai komunitas menulis bergengsi yang ada di Indonesia. IIDN, SPK, RVL, YPTD, dan KBMN dan masih banyak lainnya. Ia sangat bersemangat membangun dunia literasi para guru di Nusantara. Masyaallah..sungguh luar biasa bunda kanjeng ini.

   Budaya literasi memang perlu digalakkan dimana saja. Yang perlu dicontoh oleh kita sebagai orang tua adalah keluarga bunda kanjeng yang memang menanamkan bagaimana budaya literasi, contoh sederhana orang tua membaca keras surat kabar atau berita-berita yang lain dan anak-anak menyimaknya dengan baik atau sebaliknya. 

    Anak-anak diberi kesempatan untuk membaca keras dan usaha itu dirasa sangat berimbas pada diri bunda. Hingga saat ini bunda mendapat gelar ratu antologi di dunia KBMN, karena setiap buku antologi yang beliau kawal pasti berhasil dan sudah menerbitkan banyak buku solo maupun antologi.

    Beliau pernah menjadi penulis di penerbit mayor, namun tulisan beliau juga sempat ditolak di gramedia yang akhirnya buku itu diterbitkan sendiri, sekarang memiliki dua rekanan oase dan annagraf. itu semua merupakan bagian proses yang dilakukan bunda dalam mengawal bapak-ibu anggota KBMN dari gelombang 1-29, menampung dan mengajak peserta menjadi kurator.

    Menulis dan berbagi kebaikan dengan menulis adalah profesi mulia, itulah ungkapan beliau. Namun ketika kita lelah jangan dipaksa, istirahat sejenak lalu kembali pada komitmen. Tujuan kita menulis untuk apa? Jangan takut bila tulisan kita jelek atau tidak ada yang membaca. 

    Bisa juga bila lelah, solusinya dengan membaca yang ringan, entah itu puisi atau sekadar kisah anekdot atau pentigraf (cerpen tiga paragraf), jawaban beliau dari pertanyaan yang diutarakan oleh salah satu peserta KBMN.

    Jangan pernah ragu untuk menulis. Menulis saja terus jangan sering diedit tapi ketika selesai menulis endapkan dulu, besok baru diperbaiki. Selain itu menulis memang harus diimbangi dengan membaca agar ide semakin cemerlang. Tulis apa yang disukai dan kuasai dengan menggunakan 5W 1H, pasti bermanfaat tentunya. Bunda kanjeng ini sudah ULAMA (Usia Lanjut tApi Masih Aktif) dalam hal kepenulisan tentunya. 

    Semoga kita khususnya pemula seperti saya ini bisa terus mengobarkan semangat untuk melentikkan jari-jari tangan guna menulis setiap hari, dan bisa istiqomah hingga usia senja. Al-istiqomatu khoiru min alfi karomah, karena istiqomah itu lebih baik dari seribu karomah.

    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari