Langsung ke konten utama

        Hari Minggu adalah hari libur, akhir pekan yang biasa ditunggu oleh anak-anak yang masih berada di bangku sekolah maupun orang-orang yang notabene kerja di sebuah instansi pendidikan ataupun perusahaan. Jika akhir pekan tiba mayoritas digunakannya untuk hari keluarga seperti berlibur, berkunjung ke rumah saudara, atau yang lainnya. Begitu juga yang aku lakukan kemarin Minggu, 4 Juni 2023. Aku manfaatkan waktu libur satu hari itu untuk bersilaturahim ke rumah saudara bersama keluarga. Tujuan silaturahim kali ini ke rumah saudara di kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Sebenarnya jika kita memahami makna dan manfaat dari silaturahim pasti akan semangat untuk melakukannya. Diantara manfaat dari silaturahim itu sendiri selain bisa memperluas rezeki juga dapat memanjangkan umur. Seperti sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia bersilaturahmi." (HR. Muslim)

      Lama sekali rasanya tidak jumpa, biasanya kita bisa bercanda tawa berkumpul bersama di acara reuni keluarga setiap tahunnya. Namun untuk tahun ini reuni ditiadakan karena tidak ada yang siap menjadi tuan rumah. Jadi sempat tidak sempat harus disempatkan untuk berkunjung ke rumah saudara khususnya yang lebih tua. Nah foto di atas merupakan foto empat dari delapan bersaudara yang baru diambil kemarin Minggu di kediaman pakdhe Sabar, beliaunya yang menggunakan batik merah bersarung biru, kakak kandung dari ibuku tercinta. Jika melihat foto di atas terpancar aura kebahagiaan pada wajah mereka, seperti tak ada beban yang dirasa. 

      Namun apa nyatanya? pakdhe Sabar ini menyimpan duka lara yang sangat luar biasa, aku yang melihat dan mendengarkan cerita dari anak sulungnya saja sangat tak tega. Banyak keluhan yang dirasakan beliau saat ini, mulai dari kepala, kedua mata, kedua telinga, dan kaki yang tidak bisa lagi berfungsi normal seperti semula. Ya Allah.....membayangkan saja sudah tak kuasa, betapa sakit yang dirasa. Mungkin tidur saja tidak jenak, mau mencari atau melihat hiburan juga terkendala dengan mata, mau berkunjung ataupun berbaur dengan orang lain juga terkendala dengan kaki dan pendengarannya, akhirnya beliau memutuskan diri untuk selalu di rumah saja.

       Sampai-sampai beliau pernah minta kepada anaknya untuk diantar opname ke RS, mungkin saking bingungnya karena bolak-balik berobat ke empat dokter specialis namun belum ada hasil yang dirasa. Harapannya dengan opname beliau bisa sembuh seperti sedia kala. Opname sampai 5 hari di RS namun hasilnya juga tetap tidak ada perubahan. Padahal beliau dulu sangat mumpuni dalam kepemimpinan, gagah, berwibawa, sosialnya tinggi, luar biasa dalam hal apapun pokoknya. Tiba-tiba Allah memberikan ujian yang luar biasa seperti itu. Sebelum beliau merasakan sakit, istrinya sakit terlebih dahulu hingga tutup usianya dan meninggalkan keluarga tercinta. Kini beliau tinggal bersama anak sulungnya yang bernama wahid (koko julukannya). Mas koko ini sudah mempunyai istri yang sangat sabar dan dikaruniai seorang putra yang masih duduk di sekolah dasar. Selain mengurus bapaknya yang sedang sakit mas koko sendiri juga menderita beberapa penyakit yang dirasa, sering sekali dia tiba-tiba mengalami pingsan tak sadarkan diri. Namun qodarullah mas koko sekarang sudah bisa beraktifitas normal seperti sedia kala meski masih masa pemulihan. 

        Jika melihat seperti itu seakan-akan kita berfikir bahwa Allah membebani hambaNYA, Allah memberikan cobaan bertubi-tubi melebihi kemampuan hambaNYA. Namun kembali lagi apakah kita lupa bahwa Allah itu tidak akan memberikan cobaan melebihi kekuatan hambaNYA. Seperti yang tertulis di dalam surat Al-Baqarah ayat 286 yang berbunyi لا يكلَف الله نفسا الَا وسعها artinya "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya". Allah memberikan cobaan seperti itu berarti Allah tahu bahwa hambaNYA mampu menerima dan menghadapi cobaan tersebut. Dan harus yakin bahwa dibalik musibah sekalipun pasti ada hikmah yang dapat dipetik. Kata-kata itu yang selalu menjadi kekuatan bagiku jika tertimpa musibah atau melihat orang lain terkena musibah.  

        Sesuai nama panjenengan pakdhe Sabar, panjenengan selama ini sudah sabar tapi mungkin Allah meminta untuk terus bersabar dan bersabar lagi dalam melewati dan menjalani ujian ini. Semoga dengan kesabaran panjenengan Allah hapuskan dosa-dosa yang telah lalu dan Allah angkat derajat panjenengan. Keponakanmu ini hanya bisa mendoakan semoga pakdhe diberikah kekuatan, panjang umur nan berkah. Aamiin...Mohon bantuan doanya untuk kesembuhan pakdhe. Terimakasih semoga Allah selalu melindungi dan memudahkan urusan kita semua.

Jangan lupa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan pada kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja Resume ke : 2 Gelombang: 29 Tanggal: 21 Juni 2023 Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H     Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua  melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note.       Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.     Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah
Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari