Langsung ke konten utama

 Tema: Gali Potensi Ukir Prestasi

Resume ke: 4

Gelombang: 29

Tanggal: 26 Juni 2023

Narasumber: Aam Nurhasanah, S.Pd

Moderator: Mutmainah, M.Pd

    Senin, 26 Juni 2023 pertemuan keempat KBMN-29 dimulai pukul 19.00 WIB. Meski hari ini tidak masuk sekolah seperti biasa karena memang sudah libur semester, namun tubuh ini terasa lelah sekali seharian membersamai anak-anak kelas 7D bakaran ikan di tepi pantai. 

    Ingin rasanya merebahkan badan dan pejamkan mata karena rasa kantuk yang luar biasa tak kuasa menahannya, namun lagi-lagi malam ini merupakan jadwal pertemuan KBMN yang ke-4 jadi dengan sedikit paksaan saya membuka Hp dan laptop untuk mulai membaca materi sembari meresumenya.

    Bunda Mutmainah yang biasa dipanggil Emut dari Lebak Banten mulai memandu acara malam ini. Bunda Emut ini juga salah satu alumni peserta Belajar Menulis PGRI asuhan Om Jay gelombang 24. Beliau juga sedikit bercerita bahwa beliau mulai belajar dari NOL BESAR hingga menghasilkan buku solo hasil dari 30 kali pertemuan dengan narasumber keren.

   Seketika mataku terfokus pada kata-kata "nol besar hingga bisa menghasilkan buku solo". Kenapa fokus dengan kata itu? ya, karena saya sendiri bukan penulis dan bahkan sama sekali belum terbiasa menulis jadi mengikuti pelatihan ini benar-benar dari nol bahkan bisa dikatakan nol besar sekali yang juga memiliki keinginan bisa menghasilkan buku solo kelak.

   Menulis Merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, berbicara  dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan, begitu ungkapan bunda Emut.

   “Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. *Pramudya Ananta Toer.*

     Malam ini bunda Emut membersamai seorang narasumber yang luar biasa. Seorang guru muda hebat yang mengawali karier menulis di gelombang 8 dan menjadi alumni di gelombang 12, beliau sangat energik, berbakat dengan segudang karya dan prestasi. 

    "Ibu Aam Nurhasanah , seorang guru pegiat literasi, penulis 62 buku dan aktif diberbagai komunitas menulis. Melangkah dari bloger, moderator, kurator, sampai menjadi editor. Juga motivator andal yang banyak membidani penulis pemula melahirkan buku solo. Salah satunya buku solo saya yg beliau bidani sampai dengan lahiran, ujar bunda Emut.

    Tema malam ini, Gali Potensi Ukir Prestasi, yang diawali dengan contoh pengalaman dan perjalanan pribadi bu Aam sang narasumber terkait dunia kepenulisan khususnya. Bu Aam ini sangat luar biasa karena mampu menularkan semangat literasi kepada sesama guru dan merupakan pioneer pegiat literasi khususnya kabupaten Lebak Banten.

    Sebenarnya apa potensi itu? Menurut Riyadi, potensi adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh individu, baik fisik maupun mental mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik. 

    Lantas kita bisa mulai dari mana? Jawabannya cukup sederhana, kita bisa mulai dari hal yang kita sukai dan hal yang kita kuasai. Misalnya suka menulis, maka mulai dari kegiatan menulis. Namun sekali lagi semuanya butuh proses dan tidak instan.

    Bu Aam adalah contoh peserta gagal BM 8 yang kembali mengulang kelas di BM 12. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat untuk belajar dan terus berproses hingga akhirnya fokus dan lulus. Karena beliau ingin mengabadikan sejarah melalui tulisan, saat meraih juara ke-1 lomba blog, menjadi lahirnya ide buku solo ketiga yang berjudul BLOGGER INSPIRATIF, begitu seterusnya.

  Menggali Potensi yang dimiliki membutuhkan proses dan tidak seperti memakan cabai langsung terasa pedasnya. Setelah memiliki pengalaman dari peserta menulis, moderator, kurator, juara blog, hingga menjadi seorang editor. Akhirnya tidak hanya tawaran sebagai narasumber yang berdatangan. Beliau juga diminta Omjay menjadi salah satu juri lomba blog tingkat nasional. Ternyata dari seorang peserta yang gagal, bisa meraih prestasi yang gemilang. 

    Dapat diambil kesimpulan bahwa cara menemukan potensi bisa dimulai dari hal yang kita sukai. Setelah kita suka biasanya kita akan menguasai potensi itu hingga bisa berprestasi.


Komentar

Bloger muda mengatakan…
Semangat nulisnya
Anis shofy mengatakan…
Inggih pak...

Postingan populer dari blog ini

Tema: Writing is my passion, produktif di usia senja Resume ke : 2 Gelombang: 29 Tanggal: 21 Juni 2023 Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Moderator: Sigid Purwo Nugroho, S.H     Rabu, 21 Juni 2023 pertemuan kedua  melalui WA grup KBMN-29 dimulai tepatnya pukul 19.00 WIB. Sama halnya seperti pertemuan pertama kemarin, namun kali ini materi disampaikan dengan voice note.       Pertemuan kali ini mengangkat tema Writing is my passion, produktif di usia senja dengan moderator bapak Sigid Purwo Nugroho dan narasumber yang sangat luar biasa, seorang pegiat literasi dan sangat menginspirasi beliau adalah Sri Sugiastuti, M.Pd biasa disapa Bunda kanjeng.     Dipaparkannya terkait biodata beliau yang sempat mengajar di jakarta hingga 1990, tahun dimana saya belum dilahirkan bahkan belum diproses, hehe. Itu tandanya bahwa usia Bunda Kanjeng sudah tidak muda lagi namun semangatnya luar biasa menjadikannya istimewa. Alasan bunda mau berkiprah di KBMN ini adalah berkiblat dari pengalamannya yang sudah
Judul: Menulis Setiap Hari Resume ke: 1 Gelombang: 29 Tanggal: 19 Juni 2023 Tema: Menulis setiap hari Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd Moderator:  Raliyanti, S.Sos, M.Pd     Malam ini tepatnya pukul 19.00 WIB pertemuan pertama KBMN-29 dimulai. Saya sendiri adalah emak dengan  satu anak yang masih balita semangat sekali untuk mengikuti pelatihan meski fokus harus terbagi karena si kecil terus nempel dan sedikit mengganggu, maklum jam segini si kecil masih aktifnya bermain. Namun saya harus tetap bisa fokus sesuai niat awal.       Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator yaitu salah seorang tim solid Omjay, bunda Raliyanti, S.Sos, M.Pd. Beliau menyebutkan seorang narasumber hebat yang akan mengisi pertemuan pertama, bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang familiar dikenal dengan nama OmJay. Membaca biodata beliau sejenak tercengang karena begitu luar biasa, seorang guru blogger Indonesia yang menorehkan berbagai prestasinya.     Pada pertemuan kali  ini beliau berbagi ilmu dengan tema M
 Writing By Heart Tema:   Writing By Heart Resume ke: 26 Gelombang: 29 Tanggal: 23 Agustus 2023 Narasumber : Mutmainah, M.Pd Moderator : Widya Arema      BAAAM! Dari jarak sepuluh kilometer , melesat keluar dari dalam lautan seekor ikan raksasa-setidaknya bentuknya masih mirip ikan. Masih jauh, tapi sudah terihat besar sekali, lebih besar dibanding gurita yang mengejar kami beberapa hari lalu. Ikan ini memiliki enam tanduk, ekornya panjang dengan sirip-sirip melengkung bagai surai. Kulitnya berwarna kuning keemasan, memantulkan cahaya matahari. Aku mengeluh, tidakkah urusan ini  bisa lebih mudah? Kami bertiga masih dalam kondisi terikat, tidak bisa meloloskan diri, tidak bisa bergerak, ditambah lagi ikan raksasa ini.       “BAAAM! Lima belas detik terbang di udara, ikan raksasa itu berdebam kembali memasuki lautan, membuat ombak tinggi, bagai gelombang tsunami puluhan meter. Hitungan detik, gelombang itu tiba, kapal kami yang terikat jangkar, terbanting kesana-kemari. Hanya karena jari